Info Terbaru 2022

Penjelasan Dan Cara Penggunaan “As Well As” Beserta Teladan Nya Dalam Bahasa Inggris

Penjelasan Dan Cara Penggunaan “As Well As” Beserta Teladan Nya Dalam
Bahasa Inggris
Penjelasan Dan Cara Penggunaan “As Well As” Beserta Teladan Nya Dalam
Bahasa Inggris

Penjelasan Singkat Dan Cara Penggunaan “As Well As” Beserta Contoh-Contoh Nya Dalam Bahasa Inggris


 niscaya sudah sering mendengar ataupun tahu mengenai pola kalimat diatas Penjelasan Dan Cara Penggunaan “As Well As” Beserta Contoh Nya Dalam Bahasa Inggris


 


“I can swim as well as cook well”.


Admin yakin, sahabat IBI (ilmubahaasainggris.com) niscaya sudah sering mendengar ataupun tahu mengenai pola kalimat diatas.


Apakah kalimat diatas telah memakai frase “as well as” dengan benar?


Untuk itu, mari kita simak pembahasan sederhana kali ini


 




Penjelasan, penggunaan dan pola kalimat ihwal “as well as”


Yaa… Jawabannya ialah tergantung apakah as well as dipakai sebagai frase yang bersifat sebagai kata keterangan untuk menciptakan perbandingan (menggunakan bentuk kata kerja sederhana) atau sebagai frase yang bersifat menyerupai kata penghubung (conjunction) antar klausa dan as well as mempunyai arti menyerupai dengan “in addition to” (selain/di samping…), di mana kata kerja yang dipakai ialah Verb + ing.as + adj + as + clause/phrase (as well as sebagai kata penghubung)as + adv + as + clause/phrase (as well as sebagai kata keterangan yang setara dengan as much as, as good as, as long as, as beautiful as, dan lain sebagainya)


Contoh:


‘I saw as many as three thousand people at the concert.’ (Saya melihat sebanyak tiga ribu orang di konser)


‘He was badly injured, but I did as much as I could to make him comfortable.’ (Dia terluka sangat parah, tetapi saya melaksanakan sebanyak yang saya sanggup untuk membuatnya nyaman)


‘I waited for as long as I dared, but when it got dark, I went home.’ (Saya menunggu selama saya berani, tetapi dikala gelap, saya pulang ke rumah)


‘Please come as quickly as you can. My father is very ill.’ (Tolong tiba secepat yang anda bisa. Ayah saya sangat sakit)


‘The Irish played as well as the Scots but didn’t convert as many attempts on goal.’ (Tim Irlandia bermain sebaik tim Skotlandia tetapi tidak sebanyak itu mengubah upaya menjadi gol)


‘Richardson was as good an actor as Gieldgud (was).’ (Richardson dulunya pemain film sebaik Gielgud)




Perhatikan pada pola terakhir, kalau kata sifat diletakkan diantara kata “as” dan kata benda, maka “a/an” harus diletakkan sehabis kata sifat. As good (adjective) an actor (noun) as


Menariknya, pada kalimat, “I can swim as well as cook well”, kita menyatakan bahwa ini ialah dua hal yang sanggup kita lakukan. Sebaliknya, kalau kita menyampaikan “I can swim as well as I can cook”, kita menyatakan bahwa kita sanggup melaksanakan kedua hal ini dengan level kepiawaian yang sama.


Ketika kita memakai “as well as” (yang mempunyai arti menyerupai dengan in addition to – selain) sebagai kata penghubung pembantu dibutuhkan verb + ing untuk mengikuti:


‘As well as playing tennis with Steve three times during the week, I (also) play bulu tangkis with my wife at the weekend.’ (Selain bermain tenis dengan Steve tiga kali selama ahad ini, saya juga bermain bulu tangkis dengan istri saya pada simpulan pekan)


‘In addition to working on his Ph.D. dissertation, he (also) translates articles for The Weekly Review.’ (Di samping bekerja untuk disertasi Ph.D nya, ia juga menerjemahkan atikel untuk Weekly Review)




Perhatikan bahwa disini kata keterangan “as well”, mempunyai arti yang menyerupai dengan “as well as” dan sering dipakai sebagai alternatif pengganti kata “too”. Perhatikan juga bahwa kata “as well” dan “too” harus diletakkan di simpulan kalimat.


 


‘We enjoyed a rare night out last night. We ate at Luigi’s, and went to the cinema as well.’ ( = As well as eating out, we (also) went to the cinema.)


‘We eat well here in Sardinia. The wine is excellent too.’


‘My wife is a chemist and both her parents were chemists as well.’


 


Perhatikan bahwa penggunaan khusus kata “as long as” yang mempunyai arti dan penggunaan yang menyerupai dengan “asalkan” (provided that). Keduanya ialah bentuk lebih tenggang rasa dari kata “jika” (if) dan dipakai untuk memperkenalkan suatu kondisi:


 


‘As long as you promise to help me, I don’t mind cooking for twelve people on Easter Sunday.’ (Selama/asalkan kau berjanji untuk membantuku, saya tidak problem memasak untuk 12 orang pada Minggu paskah)


‘I’ll join you on this skiing holiday, provided that I can have my own room at the hotel.’ (Aku akan bergabung denganmu pada liburan ski ini, asalkan saya sanggup mempunyai kamarku sendiri di hotel)




Demikian pembahasan bahan kali ini mengenai klarifikasi singkat dan cara penggunaan “As Well As” beserta contoh-contoh nya dalam bahasa inggris.


semoga bermanfaat dan sanggup membantu seluruh sahabat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses berguru bahasa inggris.


 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement

Iklan Sidebar