Info Terbaru 2022

Penjelasan Memakai Apropriate/ Suitable/ Adequate Yang Sempurna Dalam Kalimat Maupun Percakapan Bahasa Inggris

Penjelasan Memakai Apropriate/ Suitable/ Adequate Yang Sempurna Dalam
Kalimat Maupun Percakapan Bahasa Inggris
Penjelasan Memakai Apropriate/ Suitable/ Adequate Yang Sempurna Dalam
Kalimat Maupun Percakapan Bahasa Inggris

Penjelasan Menggunakan Apropriate/ Suitable/ Adequate Yang Tepat Dalam Kalimat Maupun Percakapan Bahasa Inggris


 Adequate Yang Tepat Dalam Kalimat Maupun Percakapan Bahasa Inggris Penjelasan Menggunakan Apropriate/ Suitable/ Adequate Yang Tepat Dalam Kalimat Maupun Percakapan Bahasa Inggris


Pada pembahasan bahan kali ini, admin dan sobat setia IBI (ilmubahasainggris.com) akan membahas penggunaan kata appropriate, suitable, dan adequate dalam kalimat maupun percakapan bahasa inggris. Dalam Bahasa Portugis (Portuguese) hanya dikenal satu kata “appropriado”, yang digunakan/merujuk pada tata eksekusi alam dan segala sesuatu yang dianggap sesuai dengan suatu tujuan, hukum sosial, tingkah laku, atau sesuatu yang sesuai dengan yang seharusnya. Dalam Bahasa Inggris dikenal penggunaan tiga kata untuk tujuan ini, yaitu appropriate, suitable, dan adequate.


 




Penjelasan dan teladan penggunaan Apropriate/ Suitable/ Adequate Yang Tepat Dalam Kalimat Maupun Percakapan Bahasa Inggris


Appropriate dan suitable ialah kata sifat kualitatif (qualitative adj), dimana keduanya mendeskripsikan kualitas suatu hal dan sangat seolah-olah dalam arti maupun penggunaan. Keduanya mempunyai arti pantas atau sesuai dengan suatu tujuan.


Keduanya diletakkan sebagai pengubah (modifiers) sebelum kata benda (nouns) dan sebagai embel-embel sesudah kata kerja “be”, meskipun appropriate mungkin lebih umum dipakai dengan cara ini, khususnya dengan kata ganti “it”. Keduanya dipakai dengan kata depan “for” dan sering dipakai dengan awalan negatif. Bentuk kata sifat “suitable (for)”, kadang diubah menjadi format kata kerja “suited (to)”.


Mari kita perhatikan bantu-membantu teladan – teladan berikut :



  • It is inappropriate to make jokes at funerals. (Ini tidak pantas untuk bercanda di pemakaman)

  • It was inappropriate for her to joke with the Queen in such a light-hearted manner. (Tidak pantas baginya untuk bercanda dengan sang ratu dalam tata eksekusi alam yang tidak berpemikiran itu)

  • The clothes she was wearing were quite unsuitable/inappropriate for the cold weather. (Baju yang digunakannya cukup tidak sesuai untuk cuaca hambar ini)

  • Does this dress suit me? ; Oh yes, it does. And it’s very suitable/appropriate for formal occasions. (Apakah gaun ini cocok untukku? ; Oh ya, tentu. Dan itu sangat sesuai untuk program formal)

  • It is a very violent film and is considered unsuitable/inappropriate for children to watch. (Ini ialah film yang sangat sarat kekerasan, dan dianggap tidak sesuai untuk ditonton anak-anak)

  • I’m glad you praised him for that. It was an appropriate thing to do. (Saya bahagia anda memujinya untuk itu. Itu ialah hal yang pantas untuk dilakukan)

  • He is just not suited to/suitable for this type of work. (Hanya saja, ia tidak sesuai untuk pekerjaan macam ini)

  • Such small flats are not really suitable for couples with young children. It is unsuitable/inappropriate accommodation. (Flat sekecil itu tidak benar-benar sesuai untuk pasangan dengan anak yang masih muda. Itu fasilitas yang tidak sesuai)




Adequate, sufficient, dan enough sedikit berbeda dalam arti. Jika sesuatu memadai (adequate), maka dianggap ada cukup (enough), tapi hanya sebatas cukup. Jika ada jumlah yang cukup (sufficient) atas sesuatu, berarti sesuatu tersebut ada sebanyak yang diperlukan. Penggunaan kata sifat ini sering menerangkan jumlah (quantity) dibandingkan kualitas (quality), sebaliknya appropriate dan suitable merujuk pada respon atas kualitas (quality).


Pelajari teladan berikut:



  • The pay was adequate, but it certainly wasn’t generous. The rate of pay – £5.50 an hour – was barely adequate to raise a family on. (Bayarannya memadai, tapi pastinya tidak murah hati. Tingkat pembayarannya – £5.50 per jam – hampir tidak memadai untuk menghidupi keluarga)

  • His answer to the question was adequate but it wasn’t developed sufficiently to gain high marks. (Jawabannya atas pertanyaan itu memadai tetapi tidak cukup dikembangkan untuk mempeoleh nilai tinggi)

  • The Prime Minister gave an inadequate reply to the journalist’s question. (Perdana menteri menawarkan sebuah balasan yang tidak memadai atas pertanyaan jurnalis)

  • The action taken to combat the spread of malaria was quite inadequate. (Tindakan yang diambil untuk memerangi penyebaran malaria cukup tidak memadai)

  • There were not enough seats for all the guests. The supply of seats was quite inadequate. (Tidak ada cukup daerah duduk untuk semua tamu. Pasokan daerah duduk cukup tidak memadai)

  • There was easily enough food for everyone. There was a sufficient amount of food. (Ada cukup gampang masakan untuk setiap orang. Ada jumlah masakan yang cukup)

  • There was insufficient evidence to convict him of house-breaking. (Ada bukti yang tidak cukup untuk mendakwanya atas penerobosan rumah)




Demikian pembahasan bahan kali ini mengenai Penjelasan memakai Apropriate/ Suitable/ Adequate yang sempurna dalam kalimat maupun percakapan bahasa inggris.


Semoga bermanfaat dan dapat membantu seluruh sobat IBI (ilmubahasainggris.com) dalam proses berguru bahasa inggris.


 


Referensi Materi Lainnya dari IBI yang wajib kita ketahui :



Advertisement

Iklan Sidebar